Rabu, 29 April 2020

Mewujudkan Nilai-Nilai Pluralisme Berdasarkan Pancasila

Gadis Rantau
Sebagai pedoman dan dasar Negara Indonesia, Pancasila harus dijadikan pedoman dalam berbagai kegiatan dan dalam setiap pengambilan keputusan. Setiap tindakan bangsa Indonesia harus selalu berdasarkan nilai-nilai Pancasila yang mencerminkan kepribadi bangsa. Sebagai nilai, Pancasila memuat suatu daya tarik bagi manusia untuk diwujudkan, mengandung suatu keharusan untuk dilaksanakan. Nilai merupakan cita-cita yang menjadi motivasi bagi segala sikap, tingkah laku, dan segala manusia yang mendukungnya. Oleh sebab itu, sikap pluralisme terhadap bangsa sangat diperlukan karena tanpa adanya sikap itu, maka masyarakat hanya mementingkan dirinya sendiri saja kemudian muncul sikap egois dan berkurangnya sikap toleransi serta sikap saling menghargai antar sesama, walaupun itu dalam lingkungan keluarga sendiri.
Setelah anda dapat memahami nilai-nilai Pancasila, sebagai yang harus diwujudkan serta pedoman untuk melaksanakannya, kita perlu menata dan menyusun serta mengatur sistem kehidupan bangsa Indonesia bagi terwujudnya nilai-nilai Pancasila. Misalnya dalam mengusahakan persatuan bangsa Indonesia, kita perlu menyusun dan mengatur interaksi antar warga negara yang terdiri dari beraneka ragam suku, golongan, agama dan budaya. Demikian pula bagaimana mengatur kehidupan beragam agar kebebasan kehidupan beragama bisa terjamin. Seperti halnya semboyan Negara kita yakni “Bhineka Tunggal Ika”, walaupun berbeda tetapi tetap satu jua. Dengan adanya perbedaan itu muncul suatu rancangan baru yang pada akhirnya terbentuklah rasa nasionalisme dan rasa patriotisme terhadap tanah air Indonesia. Usaha-usaha ekstern, yang diharapkan bagi pelaksanaan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bersama bangsa Indonesia, apabila telah dipahami serta tampak bernilai bagi bangsa Indonesia, nilai-nilai itu akan memberi daya tarik bagi bangsa Indonesia untuk mewujudkannya.

Namun nilai-nilai Pancasila tampaknya masih terlalu umum dan abstrak untuk di tangkap oleh bangsa Indonesia pada umumnya, maka masih perlu dijabarkan agar mudah dipahami dan tampak bernilai bagi bangsa Indonesia.

Demikianlah ulasan mengenai “Mewujudkan Nilai-Nilai Pluralisme Berdasarkan Pancasila”, yang pada kesempatan ini dapat dibahas dengan singkat. Semoga bermanfaat bagi yang membaca...

*Rajinlah membaca!!!
*Semoga anda sukses dan Impian baik anda terwujud!!!